0

           Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah menjadi kebutuhan yang penting dalam menentukan kualitas dan efektivitas proses pembelajaran (Alhamuddin, 2012: 1). Pemanfaatan TIK membantu pembelajaran menjadi lebih bermakna karena sangat membantu peserta didik memahami konsep materi yang diajarkan. Penggunaan aplikasi iSpring Suite 8 merupakan aplikasi yang efektif untuk menciptakan pembelajaran yang menarik.
Aplikasi iSpring Suite 8 adalah program yang  berjalan “menumpang” pada piranti lunak yang sudah ada, dalam hal ini MS PowerPoint, yang secara umum dikenal sebagai Add program. Artinya, iSpring Suite 8 tidak dapat berjalan sebelum program MS PowerPoint terpasang pada perangkat komputer. Selain harus terpasang MS PowerPoint, komputer juga harus sudah terpasang flash player. Hal ini diharuskan karena iSpring Suite 8 menyediakan fasilitas untuk mengubah dokumen MS PowerPoint menjadi file flash, menyisipkan file flash ke dalam MS PowerPoint. Untuk mendukung fasilitas tersebut, iSpring Suite 8 memerlukan plug player.
Adapun langkah-langkah mengonversi PowerPoint dalam bentuk Flash sebagai berikut: 1) Jika belum memiliki software iSpring Suite 8, pertama-tama yang perlu terlebih dahulu dilakukan adalah mengunduh software-nya; 2) Meng-install software iSpring Suite 8 pada komputer anda; 3) PowerPoint yang sudah selesai di-publish. Klik iSpring Suite 8 dan kemudian pilih Publish; 4) Pilih settingan flash anda; dan 5) Jika setingannya sudah selesai, klik Publish (Tamimuddin, 2014: 3)
download aplikasi dengan klik download

Posting Komentar

 
Top