0

            Teks Recount  adalah teks yang menceritakan kembali tentang kejadian-kejadian atau pengalaman-pengalaman di masa lampau. Tujuan dari Recount Teks adalah untuk memberikan informasi atau untuk menghibur pembaca dan tidak terdapat konflik.

1.      Macam-macam Recount Teks :
a.         Personal Recount
Yaitu menceritakan tentang pengalaman pribadi penulis.
b.        Factual Recount
Yaitu laporan peristiwa yang benar-benar terjadi, seperti laporan percobaan ilmu pengetahuan, laporan kepolisian.
c.         Imaginative
Yaitu membuat cerita imaginative lalu menuliskan peristiwa atau kejadian yang telah terjadi.

2.      Struktur  Recount Teks adalah sebagai berikut :
a.         Orientation
Yaitu pengenalan berupa memberikan informasi tentang siapa, dimana dan kapan peristiwa atau kejadian itu terjadi di masa lampau.
b.        Events
Yaitu merupakan rekaman peristiwa yang terjadi, biasanya disampaikan dalam urutan kronologis, seperti : "Pada hari pertama, hari berikutnya, Dan di hari terakhir " Pada bagian ini terdapat juga komentar pribadi tentang peristiwa atau kejadian yang diceritakan.
c.         Reorientation
Yaitu pengulangan pengenalan yang ada di orientation, pengulangan tentang rangkuman peristiwa atau kejadian yang diceritakan.






Contoh Teks Recount


Makan Ikan Depik


Namaku Eri, mahasiswa jurusan bahasa Indonesia. Aku dan teman-teman satu jurusan melakukan kegiatan Eduwisata ke Takengon. Tempat wisata yang menjadi tujuan kami adalah Danau Lot Tawar. Danau Lot Tawar terletak di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh. Di dalam danau ini terdapat banyak jenis ikan dan ikan depik merupakan spesies ikan yang menjadi trade mark kota Takengon.
Minggu 14 Januari 2015, sesuai kesepakatan aku dan teman-teman satu jurusan bertolak ke Takengon. Agar perjalanan berjalan lancar, kami sepakat berkumpul di kampus. Tujuannya supaya bisa berangkat bersama-sama. Hari itu aku tiba satu jam lebih cepat dari jadwal keberangkatan yang sudah ditentukan yaitu 09.00. Tidak lama setelah aku tiba, teman-teman pun mulai berdatangan. Saat kami sudah berkumpul, dosen-dosen pembimbing pun datang. Makhlum, ini Eduwisata jadi harus didampingi oleh dosen.
18.20 kami menembus kota Takengon, berhubung sudah masuk waktu magrib, kami pun mencari mesjid terdekat untuk melaksanakan shalat. Setelah selesai shalat kami melanjutkan perjalanan menuju penginapan, Wisma Intan, adalah penginapan yang kami tuju. 19.10 kami tiba di Wisma Intan. Kami sangat lelah. Kami pun bergegas ke kamar masing-masing untuk melepas kelelahan.
Pada hari selanjutnya, 09.30 kami menuju Danau Lot Tawar.  10.10 kami sampai pada tempat tujuan. Berdasarkan pengamatanku Kota Takengon terletak di sisi Barat Danau Lot Tawar. Danau ini luasnya kira-kira 5.472 hektar dengan panjang 17 km dan lebar 3,219 km.
Kami yang telah menginjakkan kaki di seputaran Danau Lot Tawar tidak menyia-nyiakan kesempatan emas ini. Kami mengabadikan kebersamaan ini di dalam foto. Setelah  90 menit kami berada di Danau Lot Tawar, kami pun mencari warung nasi. Dalam perjalanan, kami tidak langsung mencari warung nasi tapi kami singgah di tempat wisata lainnya yang terdapat di perkisaran Danau Lot Tawar. Tempat wisata itu adalah Loyang Putri Pukes.
12.40 kami pergi dari Loyang Putri Pukes dan melanjutkan pencarian kami yaitu mencari warung nasi. Warung nasi yang kami cari adalah warung nasi yang menyediakan menu khas Takengon yaitu ikan depik. Sehati adalah nama warung nasi padang persinggahan kami.
13.20 kami tiba di rumah makan padang “Sehati”. Di sini kami makan dengan lahap dan di sini juga untuk pertama kali aku mengunyah dan menelan ikan depik. Setelah acara makan-makan selesai, 14.10 kami keluar dari rumah makan dan kembali ke Wisma Intan.
14.20 kami tiba di Wisma Intan. Setelah itu kami bergegas ke kamar masing-masing untuk melaksanakan shalat dzuhur dan beristirahat. Perjalan hari ini sungguh melelahkan. Walaupun melelahkan, bagiku perjalanan ini sangatlah menyenangkan.

Posting Komentar

 
Top